Tuesday, September 19, 2023

04. Pengaturan Wajib di Microsoft Word

 

Ada beberapa pengaturan dasar di Microsoft Word yang perlu kita ketahui agar dalam penggunaannya nanti lebih maksimal dan tidak ada kendala yang berarti. Sebagai contoh dalam pengaturan margin kita sudah terbiasa menggunakan satuan cm (sentimeter) namun di Microsoft Word secara default itu Inc (inci). Hal – hal seperti inilah yang perlu diatur.

Caranya : Klik menu File à Options dan setelah itu akan terbuka kotak dialog seperti di bawah ini :

Untuk mengubah pengaturan dari Inc ke cm silahkan klik pilihan

Selain itu, karena standart Microsoft Word ini adalah bahasa Inggris maka setiap teks yang kita ketik dalam bahasa Indonesia pasti akan diberi garis-garis merah di bawah teks tersebut. Hal ini sebenarnya bukan masalah yang serius naman jika kita mengetik dalam waktu yang lama tentu akan sangat mengganggu mata kita. Untuk menghilangkan garis-garis merah tersebut silahkan pilih pilihan Proofing dan hilangkan semua tanda centangnya


Catatan Penting : Perlu diingat bahwa cara ini hanya digunakan untuk mengetik atau bekerja menggunakan Bahasa Indonesia namun jika kemudian hari yang kita ketik adalah teks – teks yang berbahasa Inggris maka sebaiknya pengaturan ini dikembalikan ke pengaturan awalnya karena akan sangat membantu untuk mengoreksi otomatis kosa kata bahasa Inggris yang kita ketik sudah benar atau tidak lalu grammarnya seperti bagaimana dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment